Responsive Banner design
Home » » Cara Dapat Inspirasi Berbisnis

Cara Dapat Inspirasi Berbisnis

Cara Sofar - Cara Dapat Inspirasi Berbisnis, hari mulai perjuangannya dengan membuka toko pakaian di pasar baru, jakarta tahun 1958, tatkala usianya masih 18 tahun. Lantai dasar toko kecil itu digunakan untuk menjual pakaian. Lantai atas dimanfaatkan istrinya menjahit pakaian. Keduanya bahu-membahu membesarkan toko kecil tersebut.
Perjuangan ketika itu bukan saja supaya dagangannya laku, tapi juga agar tidak diusik para prusuh. "Pasar Baru di masa itu seperti Chicago di Amerika Serikat", tutur hari dermawan.
Bakat bisnis pria kelahiran ujung pandang 27 mei 1940 ini menuntunnya. ia pinjam uang dengan bunga 20 persen, lalu membeli barang yang biasanya naik 30 persen. Begitu seterusnya sehingga secara pasti ia memperoleh kapital yang lumayan besar.
Prinsip bisnisnya sangat sederhana, pokoknya asal untung sedikit dan bekerja efesien, ia jalan, ia rela mengail laba sedikit, tapi secara keseluruhan meraih akumulasi profit yang lumayan. Ia disiplin menggunakan dana, laba sepuluh perak dibelanjakan seperak. 
Bisnis hari dermawan mulai naik daun ketika program orde baru mulai bergulir, tahun 1972, ia membuka toko matahari, setelah membeli toko De Zon yang jatuh, itulah yang kemudian menjadi cikal bakal pertumbuhan pesat matahari. Dari sini hari dengan toko mataharinya, terus melebarkan sayap bisnisnya sehingga meraksasa seperti sekarang. Kepak bisnis matahari, merengkuh hampir seluruh penjuru tanah air. tahun 1996 matahari sudah mempunyai 75 toko cabang. Akhir tahun itu jumlahnya melonjak menjadi 85 toko. Total aset grup matahari usaha retail terbesar di indonesia tersebut mencapai Rp. 1,025 triliyun (1996).
Hari dermawan ini konservatif dan fanatik dengan bisnis yang ditekuni sejak tahun 1958 itu. "saya akan tekuni bisnis sampai yang maha pencipta memanggil saya", tutur hari darmawan pasti.
menurut hari dermawan, ia sangat hobby mengguleti bisnis retail. Ia merasa berkewajiban mengelola bisnis eceran, sampai mencapai titik puncak. Ia merasa terpanggil ikut mengembangkan sektor bisnis eceran indonesia sebaik-sebaiknya, semaju majunya. Ia mau berjuang habis-habisan untuk sektor yang sudah ia geluti selama ini.

Cara Dapat Inspirasi Berbisnis


Untuk survive di bisnis eceran, membutuhkan ketagguhan. Tantangan berat, ketatnya bisnis eceran terbukti dengan sejarah perusahaannya yang dulu sempat jatuh bangun. Perusahaannya sempat lima sampai enam kali limbung. Berkat keuletan luar biasa, ia bisa bangkit dan membawa perusahaanya menjadi raksasa seperti sekarang.
Sukses dan keseriusan hari dermawan untuk bekerja tuntas di sektor bisnis eceran, tak ayal membuat ia mendapat pengakuan di mana mana.
Ditanah air pakar eceran ini mengantungi penghargaan dari presiden berupa piala upakarti untuk kontribusinya yang luar biasa dalam pengembangan pengusaha skala kecil indonesia. Ia juga dipercaya menjadi wakil ketua asosiasi pengusaha retail indonesia (aprindo), anggota federasi retail nasional amerika (NRF) di New York dan Washington Internartional Council of Shopping Center (ICSC).
Jabatannya paling bergensi adalah Presiden IGDS (International group of depertemen store). Ia adalah orang asia pertama yang terpilih untuk jabatan pada organisasi kelas dunia tersebut.
Jadi lakukanlah bisnis dengan segenap kemampuan anda sampai tuntas, maka hasilnya akan terjadi dengan sendirinya sesuai dengan jalan yang telah kita tentukan tujuannya.

Langkah yang Harus Dilakukan Adalah :

- Temukan bisnis anda sendiri yang cocok dengan keahlian anda.
- Pelajari hal tersebut sampai anda menjadi pakar
- Perdalam dan kembangkan keahlian anda dengan belajar terus-menerus.
- Bacalah buku-buku mengenai hal itu dan ikuti seminar dan lokakarya untuk mendukungnya.
- Jadilah anggota group para profesional dalam bidang tersebut dan ikuti setiap pertemuannya.
- Selalu mencari ide-ide baru yang dapat mengembangkan bisnis anda.

Halaman 1 | Halaman 2

0 comments:

Post a Comment

silakan berkomentar dengan baik

sofarudin. Powered by Blogger.